Manajemen Perkantoran
Pengertian dan ruang Lingkup Mentor
• Manajemen : suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dengan melalui usaha-usaha bantuan orang lain dengan menggunakan sumber-sumber yang ada dengan setepat-tepatnya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
The Six “M” :
– Man
– Money
– Material
– Method
– Machine
– Market
• Kantor : Suatu unit organisasi yang terdiri atas tempat, staf personil dan operasi ketata usahaan guna membantu pimpinan.
• Operasi Katata Usahaan : Meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan pembuatan rangkap-rangkap tertulis serat Laporan-laporan sebagai cara untuk meringkaskana banyak hal dengancepat guna menyediakan suatu landasan fakta bagi tindakan control dari pimpinan.
Kegiatan Tata Usaha akan meliputi 6 pokok kegiatan :
– Menghimpun
– Mengolah
– Mengganda keterengan/informasi
– Mencatat
– Mengirim
– Menyimpan
Manajemen Perkantoran menurut para pakar :
– Edwin Robinson : Manajemen perkantoran berkenaan dengan pengarahan dan pengawasaan terhadap pekerjaan.
– Littlefield & Peterson : Manajemen Perkantoran Adalah manajemen mengenai pekerjaan perkantoran dimanapun dan oleh siapapun dilakukan.
– George.R.Terry : Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan2x yang telah ditetapkan lebih dahulu.
Fungsi Manajemen Perkantoran meliputi serangkaian kegiatan sebagai berikut :
1. Manajemen dan pengarahan
2. Tata Penyelenggaraan
3. Pelaksanaan secara efisien
4. Pengarahan
5. Pengawasan
6. Perencanaan
7. Pengorganisasian
8. Penggerakan
No comments:
Post a Comment