Friday, November 21, 2008

Manajemen Perkantoran

Manajemen Perkantoran


 Pengertian dan ruang Lingkup Mentor
• Manajemen : suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dengan melalui usaha-usaha bantuan orang lain dengan menggunakan sumber-sumber yang ada dengan setepat-tepatnya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.








The Six “M” :
– Man
– Money
– Material
– Method
– Machine
– Market

• Kantor : Suatu unit organisasi yang terdiri atas tempat, staf personil dan operasi ketata usahaan guna membantu pimpinan.
• Operasi Katata Usahaan : Meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan pembuatan rangkap-rangkap tertulis serat Laporan-laporan sebagai cara untuk meringkaskana banyak hal dengancepat guna menyediakan suatu landasan fakta bagi tindakan control dari pimpinan.

 Kegiatan Tata Usaha akan meliputi 6 pokok kegiatan :
– Menghimpun
– Mengolah
– Mengganda keterengan/informasi
– Mencatat
– Mengirim
– Menyimpan

 Manajemen Perkantoran menurut para pakar :
– Edwin Robinson : Manajemen perkantoran berkenaan dengan pengarahan dan pengawasaan terhadap pekerjaan.

– Littlefield & Peterson : Manajemen Perkantoran Adalah manajemen mengenai pekerjaan perkantoran dimanapun dan oleh siapapun dilakukan.

– George.R.Terry : Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan2x yang telah ditetapkan lebih dahulu.

 Fungsi Manajemen Perkantoran meliputi serangkaian kegiatan sebagai berikut :
1. Manajemen dan pengarahan
2. Tata Penyelenggaraan
3. Pelaksanaan secara efisien
4. Pengarahan
5. Pengawasan
6. Perencanaan
7. Pengorganisasian
8. Penggerakan

No comments:

Post a Comment